sungai maroon

Minggu, 09 April 2017

Proposal kegiatan MICE

A.                LATAR BELAKANG KEGIATAN

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan karunia yang diberikan kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikaan pembuatan proposal kegiatan MICE yang berjudul “Studi Industri dan Kampung Wisata di Magetan dan Madiun”. Dengan adanya ide melaksanakan studi industri dan wisata di kota Magetan dan Madiun tercipta karena niat dan kecintaan kita pada sesuatu yang dapat kita jadikan inspirasi sehingga menghasilkan karya yang dapat dinikmati semua orang dari kalangan manapun. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan kembali rasa cinta tanah air, peduli lingkungan, rasa cinta terhadap budaya sendiri secara optimal dan kecintaan terhadap budaya lokal di dunia pariwisata.
Maka melalui acara yang akan diselnggarakan ini kami bermaksud untuk menjadikan kota Madiun dan Magetan menjadi lebih terkenal tentang keberadaan daerah tersebut yang kaya akan industri, wisata religi, wisata budaya dan wisata alamnya. Kami mempunyai tujuan agar masyarakat di Indonesia maupun luar negeri tertarik akan adanya potensi industri, wisata dan budaya di Jawa Timur ini lebih pada kota Madiun dan Magetan.
Persaingan dunia saat ini menuntut kita untuk selalu melalukan inovasi agar dapat seimbang dengan adanya MICE (Meeting, Incentive, Coference dan Exbition) yang terus tumbuh. Dengan diadakan kegiatan seperti ini diharapkan semakin banyak bermunculan pemain-pemain baru di sektor MICE di Indonesia. Untuk terus menjadikannya lebih berkembang dan maju.

B.       NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama “Peningkatan mutu kerja dan wisata alam”.

C.       TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini bertema “Gebyar wisata Ngawi guna mengenalkan Industri dan Daya Tarik bagi Wisatawan ”.

D.      TUJUAN

1.        Mempererat tali silaturahmi antar sesama karyawan
2.        Menumbuhkan semangat untuk bekerja sama dalam satu tujuan
3.        Mengeksplor keindahan & kekayaan alam & industri di Ngawi
4.        Menumbuhkan cinta budaya Indonesia yang semakin lama semakin terkikis dengan budaya asing
5.        Menumbuhkan cinta produk dalam negeri

F.       SASARAN KEGIATAN
Sasaran kegiatan ini adalah :
1.             Mahasiswa/Mahasiswi Umum
2.             Perusahaan-perusahaan yang ingin memberikan insentif pada karyawannya.
3.             Family gathering

G.      PENYELENGGARA KEGIATAN
Kegiatan ini dapat dilakukan oleh biro perjalanan wisata .

H.      WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN KEGITAN
Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari 2 malam di wilayah Madiun dan Ngawi. Untuk penginapannya, telah kami sediakan salah satu villa yang nyaman, indah, dekat dengan obyek wisata, dan dengan harga yang terjangkau.

I.         SUSUNAN ACARA

J.             RINCIAN JADWAL ACARA

A.    HARI PERTAMA
Kegiatan pada hari pertama adalah sebagai berikut :

KUNJUNGAN INDUSTRI 1
Kunjungan industri pertama adalah berkunjung ke Desa Sentra Gamelan yaitu Desa Kauman Kec. Karangrejo Kab. Magetan. Obyek yang dikunjungi adalah Margo Laras, salah satu industri gamelan terbesar di Desa Kauman. Kita dapat melihat secara langsung proses pembuatan gamelan dari awal hingga gamelan jadi dan siap digunakan. Selain itu, kita dapat melihat dan belajar memainkan alat musik gamelan dengan diiringi tembang jawa.

KUNJUNGAN INDUSTRI 2 + ISHOMA
Kunjungan industri kedua adalah berkunjung ke Desa Sentra Ayam Panggang yaitu Desa Gandu Kec. Karangrejo Kab. Magetan. Obyek yang dikunjungi adalah Ayam Panggang Bu Setu, salah satu industri ayam panggang paling terkenal di Desa Gandu. Kita dapat melihat proses pembuatan ayam panggang dari awal hingga siap dimakan. Kita juga makan siang disana agar bisa merasakan nikmatnya ayam panggang yang tiada duanya.

KUNJUNGAN INDUSTRI 3
Kunjungan indusri ketiga adalah adalah berkunjung ke Desa Sentra Pembuatan Genting yaitu Desa Winong, Kec. Maospati, Kab. Magetan. Kita akan menjumpai banyak pengrajin genting disana. Kita akan mengunjungi salah satu rumah warga yang memproduksi genting winong. Disana kita bisa melihat banyak macam-macam bentuk maupun ukuran genting sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa melihat proses pembuatannya dari awal hingga akhir.

MENIKMATI OBYEK AIR TERJUN SARANGAN
Air terjun Tirtosari merupakan air terjun di Sarangan yang bisa kita nikmati pesona keindahannya. Untuk menuju kesana, kita bisa menempuhnya dengan jarak kurang lebih 1,5 km dari telaga sarangan. Kita bisa menempuhnya dengan ojek sepeda motor yang telah kami sediakan lalu dilanjutkan dengan jalan kaki bersama. Pemandangan yang indah, air yang jernih dan sejuk mampu membuat pikiran kita segar kembali.
MAKAN MALAM & ISTIRAHAT
Setelah kita puas menikmati keindahan alam air terjun Tirtosari, kita check in ke villa “______” yang berada dekat dengan telaga Sarangan. Kita lalu makan malam lesehan bersama di pinggir telaga sarangan yang telah disediakan oleh pihak villa. Setelah kita selesai makan malam dan menikmati pemandangan telaga sarangan di malam hari, kita kembali ke villa untuk istirahat.

B.     HARI KEDUA
Kegiatan pada hari kedua adalah sebagai berikut :

SENAM PAGI BERSAMA & SARAPAN
Olahraga penting untuk kesehatan tubuh. Salah satu olahraga ringan yang bisa mengendorkan otot-otot tubuh yang tegang, merilekskan pikiran, serta dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar adalah senam. Disana kami membuat agenda senam pagi bersama dengan dibimbing instruktur senam yang handal. Setelah senam, kami juga menyediakan sarapan untuk bisa dinikmati bersama dengan indahnya pemandangan pagi dan udara segar di Sarangan.

KEBUN STRAWBERRY
Selepas sarapan, kita pergi ke kebun strawberry. Disana kita dapat melihat strawberry yang segar dan siap kita petik. Kita bisa memetik sepuasnya dan membawa pulang hasil petikan kita sendiri, dengan membayar pada pemilik kebun strawberry tersebut.

KUNJUNGAN INDUSTRI 4
Setelah puas memetik strawberry, kita melanjutkan kunjungan industri yakni di Desa Sidomukti Plaosan. Disana merupakan desa sentra batik sidomukti. Batik Sidomukti merupakan batik khas dari wilayah Magetan. Disana kita dapat melihat proses membuat batik dari awal hingga akhir. Kita bahkan bisa mencoba membuat batik sendiri menggunakan canting.

KUNJUNGAN INDUSTRI 5
Agenda selanjutnya adalah berkunjung ke industri rumah tangga pembuatan krupuk lempeng puli khas Magetan. Obyek yang kita kunjungi terletak di Kelurahan Sukowinangun Kab.Magetan. Disana kita dapat melihat proses pembuatannya dari awal hingga akhir. Kita bisa mencicipi rasanya asin & gurih serta dapat membawa pulang krupuk lempeng puli tersebut untuk oleh-oleh di rumah.

KUNJUNGAN DAN OLAHAN PAMELO
Sebagian orang mungkin masih asing dengan nama buah yang satu ini. Pamelo tergolong dalam jenis buah jeruk. Bentuk dan warna yang mirip dengan jeruk Bali, membuat banyak orang sulit membedakannya. Kata orang, kita tidak akan tahu sebelum mencobanya. Maka dari itu, untuk membedakannya, silahkan cicipi rasanya. Namun, kita bukan hanya mencicipi rasanya, kita akan digiring ke desa sentra olahan jeruk pamelo yakni Desa Bibis Kecamatan Sukomoro. Kita akan melihat disana seperti apa pohon dan buah pamelo, proses perawatannya, dan kita pun dapat ikut serta dalam proses pengolahannya hingga menjadi olahan yang nikmat yang siap untuk disantap. Salah satu olahan unik khas Magetan adalah manisan kulit jeruk pamelo, yang  diolah langsung oleh ibu-ibu PKK setempat. Kita dapat membeli olahan-olahan dari Pamelo dengan harga yang cukup terjangkau.

MAKAN MALAM di TELAGA WAHYU
Setelah puas melakukan kunjungan industri di berbagai tempat, kita kembali ke tempat istirahat di Sarangan. Sebelum itu, kita makan malam sambil menikmati pesona eksotika telaga wahyu di senja hari.

ACARA BEBAS MENIKMATI TELAGA
Selepas makan malam dan menikmati keindahan telaga wahyu di senja hari, kita kembali ke telaga Sarangan untuk beristirahat. Acara disana bebas, kita bisa naik perahu ataupun wahana air lainnya. Kita juga dapat bersantai menikmati pemandangan telaga Sarangan di malam hari sambil minum wedang ronde ataupun kuliner-kuliner lainnya.

ISTIRAHAT
Agenda selanjutnya, kita kembali ke villa untuk beristirahat.

C.      HARI KETIGA
Kegiatan hari ketiga adalah sebagai berikut :

CHECK OUT
Dua hari di Sarangan telah berlalu, waktunya kita Check-Out. Waktu Check-Out dimulai dari pukul 06.30 – 07.30. Tepat pukul 07.30, villa harus sudah steril.

MEETING
Setelah Check-Out, kita melanjutkan agenda berikutnya yaitu meeting di Ballroom Aston Hotel & Conference Center yang terletak di Jalan Mayjend Sungkono No.41 Madiun. Disana bukan hanya sekedar meeting biasa, namun kita juga dihibur dengan tarian tradisional.
MASJID KUNCEN
Setelah meeting, kita melanjutkan wisata religi ke Masjid Kuncen yang terletak di Kelurahan Kuncen, Madiun. Disana terdapat makam Ki Ageng Panembahan Ronggo Jumeno, Bupati Mangkunegara I, Patih Wonosari dan para Bupati Madiun lainnya yang merupakan para pahlawan pendiri Kota Madiun. Selain makam para Bupati, masjid tertua di Madiun yang masih kokoh itu menjadi saksi, yaitu masjid Nur Hidayatullah, artefak-artefak di sekeliling masjid, serta sendang (tempat pemandian) keramat.

MEMBELI OLEH-OLEH
Agenda selanjutnya adalah membeli oleh-oleh di Pusat Oleh-Oleh Mirasa. Disana tersedia aneka macam oleh-oleh khas Madiun dengan cita rasa yang nikmat tiada duanya namun dengan harga yang cukup terjangkau. Setelah itu, kita perjalanan pulang menuju ke daerah masing-masing.

K.           ANGGARAN BIAYA
??????

L.           PENUTUP

Demikian proposal kegiatan MICE ini kami buat agar menjadi dasar pertimbangan dalam menyetujui dan mendukung kegiatan ini. Kami berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Oleh karena itu, partisipasi semua pihak sangat kami dibutuhkan.
Kami mohon maaf apabila dalam proposal ini masih ada kekurangan, untuk itu kami mohon kritik dan saran agar dapat kami membuat yang lebih baik lagi dikemudian hari.