sungai maroon

sungai maroon

Kamis, 10 Maret 2016

Pengertian Publik Relations


Pengertian Publik Relation menurut beberapa ahli . di antaranya adalah 


  Public relations gains an organization or individual exposure to their audiences using topics of publics interest and news items that provide a third-party endorsement (Seitel, Fraser P. The Practice of Public Relations. (Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall, 2007), 
     Public relations is planned, persuasive communication designed to influence significant public ( Public relations adalah kegiatan komunikasi persuasif dan terencana yang didesain untuk mempengaruhi publik signifikan). ( John E. Marston dalam buku Modern Public Relations, Mc GrawHill, New York, 1979.)

     PR adalah komunikasi dua arah antara organisasi dengan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan manajemen dengan meningkatkan pembinaan kerja sama dan penmenuhan kepentingan bersama. ( Onong Uchjana Effendy Dalam buku Hubungan Masyarakat, Pt Remaja Rosdakarya, Bandung.)

 Menurut Denny Griswold dalam buku Hand Book of PR karya Elvinaro Ardianto (2011:9)
Public Relations adalah Fungsi Manajemen yang mengevaluasi publik, memperkenalkan berbagai kebijakan dan prosedur dari suatu individu atau organisasi berdasarkan kepentingan publik, dan membuat perencanaan, serta melaksanakan suatu program kerja dalam upaya memperoleh pengertian dan pengakuan publik.” 

    International Public Relations Association (IPRA)  (dalam buku Kampanye Public Relations, 2008) menyatakan bahwa berbagai defini tentang public relations dari para ahli mempunyai kesamaan yaitu : 
 
 
 Public relations merupakan suatu kegiatan yang bertujuan memperoleh good will, kepercayaan, saling pengertian dan citra baik dari masyarakat. 
 
 
Sasaran public relations adalah berupaya menciptakan opini publik yang favourable dan menguntungkan semua pihak. 
 
Public relations merupakan unsur yang cukup penting dalam mendukung manajemen untuk mencapai tujuan yang spesifik dari suatu organisasi atau lembaga. 

 
Public relations adalah usaha untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara suatu lembaga atau organisasi dengan pihak masyarakat melalui suatu proses komunikasi timbal balik, hubungan yang harmonis, saling mempercayai dan menciptakan citra yang positif.

     Public relation adalah manajemen komunikasi antara organisasi dengan publiknya. ( Grunic & Hunt, James grunic dan Todd Hunt dalam buku Managing Public Relations, , New York, penerbit Holt, Rinehart dan Winston,)

  Dr. Rex Harlow dalam bukunya berjudul : “ A Model For Public Relations Education For Professional Practices yang di terbitka oleh International Public Relations Association (IPRA) 1978 menyatakan 

     definisi public relations adalah fungsi manajemen yang khas dan mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya, menyangkut aktivitas komunikasi, pengertian, penerimaan dan  kerja sama ; melibatkan manajeman dalam menghadapi persoalan/permasalahan, membantu manajemen untuk mampu menanggapi opini publik; mendukung manajemen dalam mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif; bertindak sebagai sistem peringatan dini dalam mengantisipasi kecendurangan penggunaan penelitian serta teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama. (Ruslan, 2014:16)

     Public Relations adalah fungsi manajemen yang melakukan evaluasi terhadap sikap-sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur seseorang, sebuah perusahaan terhadap publiknya, menyusun rencana serta menjalankan program-program  komunikasi untuk memperoleh pemahaman dan penerimaan publik.”

  Public relations (PR) is the practice of managing the communication between an organization and its publics.(Grunig, James E. and Hunt, Todd. Managing Public Relations. (Orlando, FL: Harcourt Brace Jovanovich, 1984)

Public relation adalah presentasi positif suatu organisasi kepada keseluruhan publiknya. ( Tony Greener, Dalam buku The Secret of Successfuls Public Relations, Alih bahasa Nuraki Aziz, Bumi Aksara , Jakarta, 1995.)

Menurut Edy Sahputra Sitepu (2011:2) menjelaskan Public Relations (PR) dalam makna yang sederhana adalah tatap muka (hubungan) antara kelompok-kelompok dalam suatu tatanan masyarakat.
Sitepu, Edy Sahputra dan Faulina. 2011. Profesional Public Relations. Medan: USU Pers

Menurut Maria Assumpta Rumanti (2005:7-8) PR adalah kegiatan atau aktivitas yang proses kegiatannya melalui empat tahap, yaitu penelitian yang didahului penemuan, analisis, pengolahan data dan sebagainya; perencanaan yang direncanakan; pelaksanaan yang tepat; evaluasi, penilaian setiap tahap dan evaluasi keseluruhan.
Rumanti, Maria Assumpta. 2005. Dasar-dasar Public Relations : Teori dan Praktik. Jakarta : Grasindo

Definisi Menurut Frank Jefkins (2003:9) PR adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian. 
Jefkins, Frank. 2003. Public Relations. Jakarta : Erlangga

 Menurut Prof. Dr. Anne van der Meiden dalam bukunya (Public Relations Interne en Externe Communicatie voor Organisatie en Beleid, 1979), perubahan PR menunjukkan bahwa di dalam PR itu informasi semakin berkembang kebutuhannya sehingga perlu mengembangkan tenaga-tenagaahli. Untuk itu muncul pendidikan yang terkait sebab informasi yang akan disebarkan perlu disaring, dipertimbangkan, dipilih, dan ditentukan sebagai materi yang perlu diinformasikan. Semakin informasi itu diseleksi dengan baik dan tepat, akan semakin memudahkan si penerima informasi tersebut. Sesuai dengan fungsi PR, publik itu tidak hanya dikenal saja, tetapi juga harus diterima dan diakui keberadaannya. PR dalam kegiatannya harus memiliki ciri khas, selalu terbuka terhadap kritik yang ditujukan kepadanya. Publik itu bebas. Merekaboleh bertanya mengenai segala sesuatu.

Thomas. L. Harris (1991), melalui bukunya The Marketer’s Guide to Public Relations memberi pengertian dengan mengungkapkan Public Relations merupakan proses perencanaan,  pelaksanaan dan pengevaluasian program – program yang merangsang pembelian dan kepuasan konsumen melalui komunikasi mengenai informasi yang dapat dipercaya dan melalui kesan – kesan yang dapat menghubungkan perusahaan dan produknya sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan kepentingan para konsumen.


PR secara teratur mempraktikkan komunikasi yang baik dan tepat PR dengan kelompok orang dalam organisasi mempunyai kepentingan untuk melakukan perubahan dalam kerja sama menyangkut fungsi dari organisasi mendatang. (Hugo A. de Roode, Inleiding Instituut voor HBO, part-time opleiding Public Relations, Voorlichting en Kommunicatie,1976).

Public relation adalah manajemen komunikasi antara organisasi dengan publiknya. ( Grunic & Hunt, James grunic dan Todd Hunt dalam buku Managing Public Relations, , New York, penerbit Holt, Rinehart dan Winston,)

 Public relations is planned, persuasive communication designed to influence significant public ( Public relations adalah kegiatan komunikasi persuasif dan terencana yang didesain untuk mempengaruhi publik signifikan). ( John E. Marston dalam buku Modern Public Relations, Mc GrawHill, New York, 1979.)





0 komentar:

Posting Komentar